GASS,..POLLL..PEKSI MAN 2 MATARAM TINGKAT NASIONAL JILID 4 RESMI DIRILIS

Senin, 18 April 2022 13:32

GASS,..POLLL..PEKSI MAN 2 MATARAM TINGKAT NASIONAL JILID 4 RESMI DIRILIS

Gambar- Suasana pembukaan Lomba PEKSI (Pekan Kreasi dan Seni) tingkat Nasional Jilid 4 yang digelar  ORSIMA MAN 2 Mataram menghadirkan ratusan peserta dari puluhan provinsi di Indonesia.

Mataram- Even tahunan yang diselenggarakan oleh ORSIMA MAN 2 Mataram secara Nasional yakni Pekan Kreasi dan Seni (PEKSI)  jilid 4 hari ini resmi dibuka. Pembukaan dilakukan oleh Bapak Kepala Madrasah Drs. H. Lalu Syauki MS, M.Pd. Pembukaan resmi ditandai dengan pemukulan ‘gendang beleq’ (gendang besar), dilanjutkan dengan pelantikan panitia dan penyematan tanda peserta secara simbolis. 

Dalam sambutannya Bapak Kepala berharap akan terlahir juara-juara di bidang masing-masing. Kegiatan tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini ratusan peserta berasal dari puluhan Provinsi dari seluruh penjuru tanah air. Madrasah menjanjikan untuk peserta Tsanawiyah/SMP yang memperoleh golden ticket (juara), otomatis akan diterima langsung sebagai siswa MAN 2 Mataram untuk tahun pelajaran mendatang.

Kepala Madrasah juga memberikan respon positif terhadap sponsorship yang telah mendukung kegiatan PEKSI ini. Khususnya kepada Ganesha Operation yang setiap tahun mengawal dan memberikan kontribusi kepada madrasah. Demikian juga dengan para penyandang dana lainnya, terima kasih atas perhatian dan kontribusinya.

Dalam kesempatan itu, beliau mengucapkan terima kasih kepada panitia yang telah bekerja keras dan profesional menginisiasi even tahunan ini. Tak lupa Kamad mengucapkan selamat berlomba bagi peserta seluruh tanah air, tetap semangat dan jaga sportivitas, tuturnya.

Adapun total peserta PEKSI kali ini sejumlah 198 peserta. Para peserta itu berasal dari SMPN 1 Kalibaru, SMPK Kolese Santo Yusuf 2 Malang, SMP 14 Pekanbaru, MTsN 3 Banyuwangi, SMPN 99 Jakarta Timur, MTsN 1 Kota Malang, SMPN 1 Jember, SMPN 1 Lumbang Probolinggo Jawa Timur, SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo, SMKN 1 Pungging Mojokerto, MAN 2 Samarinda, MTsN 1 Kota Bima, MTsN 1 Mataram, SMP IT Tunas Cendikia Mataram, SMPN 2 Mataram, MTsN 3 Mataram, SMAN 6 Mataram, SMAIT Anak Sholeh Mataram, MAN 1 Mataram, MA Hamzanwadi NWDI Pancor, SMPIT Bukit Qur'an Nusantara Mataram, MAN 2 Mataram, MAN 1 Lombok Timur, MAU Mamba'ul Huda, SMAN 1 Batu kliang, SMA Negeri 6 Mataram dan MA Hidayatullah Mataram.

Even tahun ini lebih meriah karena bidang yang dilombakan lebih banyak. Lomba dilakukan secara luring dan daring. Adapun jenis lombanya seperti lomba esai, tahfiz, pidato bahasa Inggris, Lomba OSPOST (Orsima Photography dan Videography Contest), KSM pada Mata Pelajaran IPA, IPS, dan Matematika. Pekan Bakat seperti Lomba Senam Semaphore, LKBB dan Lomba Pertolongan Pertama. Khusus untuk lomba OSPOST, hanya boleh diikuti oleh seluruh kelas X dan XI MAN 2 Mataram. Pelaksanaannya pada minggu kedua April dan pengumuman pemenang bersamaan dengan acara pembukaan PEKSI hari ini. 

Ospost merupakan lomba fotograpi dan videografi yang mengusung tema tentang Kartini. Kategorinya tentu saja terbaik 1,2, dan 3 demikian juga dengan videografi. Ospost juga dibagi ke dalam sub-sub tema, yakni kategori thumbnail terbaik, OOTD (Outfit of The Day) terbaik dan Foto Angel terbaik. Fotograpi dimenangkan oleh kelas XI IPA 3, 10 MIPA 5 dan 10 MIPA 4. Videografi dimenangkan oleh kelas 10 MIPA 5, 10 MIPA 1 dan11 MIPA 4. Sub-sub tema pemenangnya adalah kategori Best Angel diraih oleh MANPK Putra, Best Thumbnail dan Best OOTD diraih sekaligus oleh kelas X MIPA 3.

Ketika ditanyakan tentang tujuan lomba, Anggasta Faryln Fadhillah selaku Ketua Panitia menuturkan bahwa di antara tujuan kegiatan dilaksanakan PEKSI Nasional adalah untuk memperingati Milad MAN 2 Mataram yang ke-30, plus untuk memperingati hari Kartini 21 April mendatang.

Tujuan lainnya untuk menjalin ukhuwah islamiyah antar siswa dari berbagai level dari berbagai wilayah Indonesia. Lomba dibagi ke dalam berbagai bidang dan berbagai kategori. Disediakan hadiah lomba bagi pemenang 1,2,3 berupa uang jutaan rupiah. 

Ketua Panitia Angga mengurai jika persiapan dilakukan sudah jauh-jauh hari. Hal ini karena persiapan yang dilakukan oleh panitia sudah berbulan-bulan. Panitia juga dibantu oleh Mitra Peksi atau volunteer atau mitra kerja dalam even Peksi Nasional Jilid 4 ini sehingga persiapan benar-benar maksimal.

Even Peksi kali ini mengusung tema: “Beragam jiwa beragam ekspresi”. Ini bermakna bahwa sebagai generasi muda yang mewakili kaum milenial peserta mampu mengekspresikan jiwa-jiwa mudanya secara maksimal. Begitu pun dengan panitia harus dan siap mengawal lomba secara maksimal. Pokoknya semua harus all out, harus maksimal, biar hasilnya juga maksimal kata siswa yang gantengnya juga maksimal ini.

Mitra Peksi atau Volunteer ini diambil dari kelas X dan XI yang bukan anggota ORSIMA. Proses pemilihan Mitra Peksi ini juga cukup ketat, di samping peminatnya cukup membludak. Panitia harus benar-benar memilih kandidat yang tepat, yang mau bekerja keras dan memiliki komitmen.

Juri untuk Peksi Nasional ini juga melibatkan expert (ahli), baik praktisi maupun akademisi berbagai perguruan tinggi maupun perusahaan. Karena ini tingkat Nasional, maka kami harus memilih juri yang benar-benar kompeten bahkan untuk hasil yang benar-benar obyektif. Sedapat mungkin kami menghindari penggunaan juri dari internal MAN 2 Mataram, urainya.

Seperti juri lomba Tahfiz, kegiatan ini menunjuk Syeikh Alaa Kamal Ahmed Osman guru tamu dari Universitas Al-Azhar Mesir Kairo, demikian juga dengan lomba esai jurinya merupakan salah seorang guru besar (Profesor) dari Universitas Mataram, demikian juga dengan lomba-lomba lainnya utamanya lomba Kompetisi Sains Madrasah (KSM) melibatkan para dosen senior dari perguruan tinggi yang memang expert di bidangnya. 

Hadiah lomba jutaan rupiah disiapkan oleh panitia. Hal ini karena kegiatan PEKSI Nasional ini didukung oleh belasan media partner, BUMN dan perusahaan-perusahaan bonafid di Nusa Tenggara Barat. Ragam sponsor itu seperti Info lomba, Info Event, PusatLomba.id dan Olimpiade Update.

Dari BUMN seperti BSI (Bank Syari'ah Indonesia), Badan Pertahanan Nasional, Badan Amal Zakat Nasional, PT. Intan Pariwara, PT. Hutama Karya, PT Air Minum Giri Menang, PT. Airlangga, PT. Amerta Indah Otsuka, DVN Creative, Upnormal Coffee, Nutrifood, Pocari Sweat, Hilo,  Emina, Hotel Jayakarta, Ganesha Operation, dan lain-lain. 

Akhirnya, kepada semua peserta PEKSI Nasional Jilid 4 MAN 2 Mataram selamat berlomba semoga diperoleh juara-juara yang sesuai dengan harapan. Ekspresikan jiwa-jiwa muda kalian menjadi sesuatu yang bermanfaat dan berhasil guna. Sesuatu yang berbeda dari ragam jiwa dan ragam ekspresi. SEMANGAT!!

Penulis: Siti Rahmi (Humas M2M)


INFO TENTANG MAN 2 MATARAM JUGA BISA DILIHAT DI:

IG:Humas MAN 2 Mataram

FB:Humas MAN 2 Mataram

YT:Humas MAN 2 Mataram

Website: www.man2mataram.net

Email: humasman2mataram@gmail.com


3206

INFORMASI LAINNYA