GEBYAR RAMADHAN KAREEM MANDA TEBARKAN RAGAM AKSI QUR’ANI

Senin, 18 April 2022 17:00

GEBYAR RAMADHAN KAREEM MANDA TEBARKAN RAGAM AKSI QUR’ANI

Gambar. Ragam kegiatan dalam Gebyar Ramadhan Kareem 1443 H MAN 2 Mataram dalam menebar aksi Qur'ani

Mataram-Gebyar Ramadhan Kareem 1443 H yang digelar MAN 2 Mataram mempersembahkan ragam aksi qur’ani. Terhitung ada 10 kegiatan yang dilakukan sejak awal Ramadhan sampai 23 April 2022 yang akan datang. Deretan kegiatan itu yakni: (1) pembagian ta’jil dan makanan berbuka puasa; (2) safari iftar bersama Syeikh Alaa Kamal Ahmed Osman; (3) safari Ramadhan bersama Remush Manda; (4) kajian fikih wanita; (5) peringatan nuzulul qur’an dirangkai dengan bukber; (6) ODOJ bersama warga madrasah; (7) tahsinul qira’ati surah fatihah bersama Syeikh Alaa kamal Ahmed Osman; (8) malam syi’ar Ramadhan; (9) pengumpulan dan penyaluran zakat fitrah; dan (10) uji publik tahfiz qur’an.

Ada yang berbeda dengan kegiatan Ramadhan tahun ini, kata Ust. Muhrim, M.Pd.I wakil Kepala Madrasah Bidang Keagamaan sekaligus sebagai Ketua Panitia. Yang menjadi pembeda yakni adanya Safari Iftar, Tahsinul Qira’ati dan adanya kajian Fikih Wanita. Safari Iftar yakni Syeikh Alaa Kamal melakukan kunjungan menjelang berbuka puasa ke rumah-rumah warga madrasah yang ada di seputar Kota Mataram bersama Tim Gebyar Ramadhan, Tahsinul Qira’ati yakni memperbaiki bacaan-bacaan al-Qur’an (tajwid dan makhorijul huruf serta kelancaran mengaji) yang juga dipandu oleh Syeikh Alaa. Sedangkan kajian Fikih Wanita dilakukan oleh para asatizah yang memiliki kemampuan dan pengalaman di bidang Fikih.

Adapun untuk sholat Dhuha’ dan Dzuhur berjamaa’h dilakukan setiap hari selama program semarak Ramadhan dilakukan. Kedua kegiatan tersebut dengan menjadwalkan imam yang berbeda setiap harinya. Unsur imam ini berasal dari guru agama yang ada di MAN 2 Mataram. Teknisnya, baik sholat Dhuha’ maupun Sholat Dzuhur diawali dengan pembacaan yasin, ayat-ayat pendek dan amalan-amalan sholih yang lainnya.

Yang paling spektakuler sesungguhnya kegiatan anak-anak anggota ekstrakurikuler Remush (Remaja Mushala An-Nur) MAN 2 Mataram, urai ust. Muhrim. Mereka sudah berani melakukan Safari Ramadhan. Mereka sudah memiliki rasa percaya diri menjadi imam sholat fardlu dan tarawih juga memberikan kajian-kajian Islam seputar keutamaan bulan Ramadhan.

Kegiatan ini mereka lakukan di masjid-masjid seputaran Kota Mataram. Anggota ekstrakurikuler ini juga melakukan malam Syi’ar Ramadhan, yakni melakukan mabid di madrasah selama satu malam. Tujuan dilakukan kegiatan ini adalah menjalin silaturrahim dan keakraban dengan sesama anggota juga kegiatan tadabbur alam, agar memahami diri sebagai salah satu makhluk ciptaan Allah, tuturnya. 

Sore ini kegiatan berbagi yang menginspirasi yaitu kegiatan pembagian ta’jil dan makanan berbuka puasa bersama Panitia Gebyar, Remush dan anak-anak anggota Orsima. Kegiatan ini akan dilakukan empat kali sampai dengan tanggal 22 April 2022 yang akan datang. Pembagian Ta’jil atau sembako Ramadhan Manda merupakan sumbangan dari para sponsor, guru dan karyawan. Jumlah Ta’jil atau sembako yang akan dibagikan antara 400-500 bingkisan. Pembagian ini melibatkan santri MANPK dan anggota ekstrakurikuler Remaja Mushala (Remush) dan ORSIMA. 

Kegiatan One Day One Juz (ODOJ) dilakukan semua madrasah yang dijadwalkan sekali seminggu setiap hari Jum’at. Kegiatan ODOJ berlaku untuk semua guru, karyawan dan peserta didik. Polanya guru dan karyawan dibagi menjadi kelompok-kelompok. Tiap kelompok berisi tiga orang. Masing-masing kelompok diwajibkan mengaji sebanyak satu juz. Dengan demikian guru dan karyawan di MAN 2 Mataram dalam satu hari akan khatam al-Qur’an sebanyak tiga kali. 

Pola ini berbeda dengan yang diberlakukan kepada peserta didik. Pola ODOJ bagi peserta didik dibagi ke masing-masing kelas. Jika dalam satu kelas terdiri dari 30 anak, maka masing-masing anak mendapat jatah satu juz, dan ini berlaku untuk semua kelas X dan XI sejumlah 24 kelas. Jadi dalam sehari bisa berkali-kali khatam Al-Qur’an. Hal ini merupakan kegiatan positif dan diharapkan menambah keta’atan dan kekhusukan warga madrasah dalam menunaikan ibadah puasa Ramadhan. 

Selanjutnya, Gebyar Ramadhan Kareem 1443 H akan diisi dengan kegiatan Nuzulul Qur’an dirangkai dengan uji publik Tahfiz plus berbuka puasa bersama seluruh guru dan karyawan lengkap dengan peserta didik kelas X dan XI. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 23 April 2022 mendatang. 

Launching Gebyar Ramadhan Kareem dibuka dan diresmikan oleh Bapak Kepala Madrasah bertempat di Aula Bawah sejak hari Jum’at 08 April 2022 yang lalu. Dihadiri segenap warga madrasah. Dalam kesempatan itu Bapak Kepala Madrasah mengaku senang, bangga dan bahagia dengan adanya program Gebyar Ramadhan ini.

Ini merupakan starting point dari begitu banyaknya aktivitas di MAN 2 Mataram. Meski dalam situasi dan kondisi pandemi, MAN 2 Mataram tetap eksis dan bersemangat melakukan kegiatan-kegiatan yang mulia. Dengan menawarkan beragam aksi Qur’ani maka semua urusan menjadi lancar. Ini juga merupakan indikasi bahwa, pandemi bukan alasan untuk tidak berinovasi. Pandemi bukan alasan untuk tidak berkreasi dan berprestasi. Pandemi bukan alasan menjadikan madrasah mati (baca: no activity).

Aksi ini merupakan bentuk dukungan madrasah terhadap program literasi al-Qur’an yang dicanangkan oleh Bapak Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Nusa tenggara Barat Dr. Muhammad Zaidi Abdad, M.Ag. Kamad mengurai jika al-Qur’an adalah sumber inspirasi tak terbatas untuk menggali ide. Dahsyatnya al-Qur’an bagaikan sumber mata air inspirasi bagi kehidupan umat manusia. Darinya terlahir berbagai cabang ilmu pengetahuan yang belum pernah ada sebelumnya.

Karenanya mari kita membumikan al-Qur’an dengan rajin-rajin membacanya di setiap ada kesempatan. Ramadhan datang sekali setahun, maka hendaklah momen ini benar-benar dimanfaatkan oleh seluruh warga madrasah. Ajang ini juga sekaligus sebagai muhasabah diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Tak lupa Kamad memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh Panitia Gebyar Ramadhan yang sudah mendedikasikan diri selama satu bulan penuh untuk bekerja dan berkarya. Mudah-mudahan apa yang kita lakukan ini memberi manfaat dan inspirasi bagi orang lain. Karenanya jargon mandiri menginspirasi harus tetap terpatri dalam sanubari. 

Gebyar Ramadhan Kareem 1443 H pada akhirnya nanti akan ditutup dengan pembagian zakat fitrah kepada yang berhak menerimanya. Sambil menanti berbuka puasa, yuk kita tebarkan kebaikan dengan menyisihkan sebagian dari rizki yang kita miliki. Semoga puasa kita diterima oleh Allah swt, dan kita senantiasa dipertemukan dengan bulan Ramadhan pada tahun-tahun selanjutnya, amin yra.

Penulis: Siti Rahmi (Humas M2M)


INFO TENTANG MAN 2 MATARAM JUGA BISA DILIHAT DI:

IG:  Humas MAN 2 Mataram

FB: Humas MAN 2 Mataram       

YT: Humas MAN 2 Mataram 

Website: man2mataram.net

Email: humasman2mataram@gmail.com


1073

INFORMASI LAINNYA