Dukung Teknis Penilaian Kinerja PNS Kemenag Loteng,BDK Denpasar Selenggarakan Diklat

Selasa, 19 April 2022 13:39

Dukung Teknis Penilaian Kinerja PNS Kemenag Loteng,BDK Denpasar Selenggarakan Diklat

Loteng Humas, BDK Denpasar mengadakan PDWK (Pelatihan di Wilayah Kerja) Teknis Penilaian Kinerja PNS Kemenag Lombok Tengah angakatan- III . Pelatihan tersebut dilaksanakan selama 6 hari, mulai dari tanggal 18 April s.d 23 April 2022 di Aula Kantor Kemenag Lombok Tengah.

PDWK Teknis Penilaian Kinerja PNS tersebut dibuka oleh kepala Kantor Kemenag Loteng H.Zamroni Aziz SHi,MH dan turut mendampingi Kasubbag TU Kemenag Loteng H.Hambali MH ,Dalam kesempatannya, H.Zamroni Aziz menyampaikan bahwa penilaian kinerja merupakan hal yang sangat penting bagi ASN. Penilaian kinerja merupakan salah satu proses rangkaian dalam sistem manajemen kinerja PNS.

Kegiatan pelatihan diawali dengan penyusunan perencanaan kinerja yang ditindaklanjuti dengan proses penyusunan Sasaran Kinerja Pegawai (SKP). SKP adalah rencana kinerja dan target yang akan dicapai oleh seorang PNS setiap tahunnya. Perubahan kebijakan atau regulasi sistem penilaian kinerja PNS berdampak pada sasaran kerja pegawai yang sebelumnya berorientasi pada rencana kegiatan berbasis aktivitas, berubah menjadi orientasi terhadap rencana kegiatan berbasis pada hasil (outcome).

Adanya penilaian kinerja diharapkan dapat meningkatkan kinerja PNS yang pada akhirnya dapat mencapai target kinerja utama lembaga. Mengingat pentingnya pemahaman dan implementasi tentang penilaian kinerja tersebut, maka sangat perlu dilaksanakan pelatihan.bukan itu saja H.Zamroni Aziz juga berharap Seluruh ASN Peserta yang mengikuti pelatihan ini mampu mengaplikasikan ilmu yang di dapat kepada rekan kerja di tiap tiap satkernya.

“Saya berharap kepada seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, agar dapat tercapai tujuan lembaga, terciptanya SDM yang handal dan berkualitas serta meningkatnya kinerja semua PNS Kementerian Agama khususnya PNS dilingkungan Kemenag Lombok Tengah” Ujar H.Zamroni.

Pelatihan diikuti oleh 30 orang peserta yang merupakan ASN dari Kemenag Lombok Tengah.

Sementara itu Ni Luh Yunita Dastrini yang merupakan ketua panitia kegiatan Bimtek PDWK dari BDK Denpasar menyampaikan ,seluruh peserta akan banyak sekali mendapatkan ilmu terkait SKP dengan pola baru yang mulai efektif berlaku sejak tahun 2022. Menurut Dayu, terdapat beberapa aspek yang terkait dalam penyusunan SKP, antara lain Renstra, Perkin, Ortaker, Urjab dan SKP atasan. Prinsip penilaian kinerja sendiri antara lain: obyektif, terukur, akuntabel, partisipatif dan transparan. Penilaian aspek prilaku kerja berdasarkan PP 30/2019 yaitu orientasi pelayanan, komitmen, inisiatif kerja, kerjasama, dan kepemimpinan, sedangkan berdasarkan PP 46/2011 yaitu orientasi pelayanan, integritas, komitmen, disiplin, kerjasama dan kepemimpinan.dan di harapkan seluruh peserta untuk selalu memperhatikan materi yang di sampaikan oleh setiap narasumber baik dari Widyaiswara maupun dari BDK Denpasar sesuai arahan dari Kepala Kantor Kemenag Lombok Tengah. ( Frd_Lth )


644

INFORMASI LAINNYA