HEBAT 34 MEDALI OLIMPIADE PAI NASIONAL UNTUK HAUL KE- 30 MAN 2 MATARAM

Rabu, 20 April 2022 11:02

HEBAT 34 MEDALI OLIMPIADE PAI NASIONAL UNTUK HAUL KE- 30 MAN 2 MATARAM

Gambar. Perwakilan siswa MANPK MAN 2 Mataram dan Kelas Reguler berpose bersama Bapak Kepala Madrasah, jajaran Waka dan Pembina di Aula Pembelajaran Terpadu.

Mataram-Olimpiade Pendidikan Agama Islam (PAI)  tingkat Nasional pada tanggal 16-17 April 2022 diikuti oleh siswa MANPK dan Reguler MAN 2 Mataram. Hasilnya sejumlah 34 medali berhasil dipersembahkan dari even bergengsi ini. Olimpiade tahunan yang digagas Prisma Islamic Competition ini diikuti oleh ribuan peserta dari tingkat SD/MI, SMP/Tsanawiyah dan SMA/MA dari seluruh Indonesia.

Mata pelajaran yang dilombakan di tingkat MI/SD hanya satu mata pelajaran saja yaitu Pendidikan Agama Islam, sedangkan mata pelajaran yang dilombakan pada tingkat Tsanawiyah/SMP ada lima mata pelajaran, yaitu mata pelajaran Aqidah Akhlak, Bahasa Arab, Sejarah Kebudayaan Islam, Qur’an Hadits dan Fiqih, demikian juga dengan mata pelajaran yang dilombakan tingkat SMA/MA sama jumlahnya dengan mata pelajaran tingkat Tsanawiyah.

Dalam even bergengsi tersebut raihan medali yang diperoleh adalah 17 medali emas, 7 medali perak dan 10 medali perunggu. Total sejumlah 34 medali berhasil dicapai. Ke-34 medali tersebut diperoleh dari lima cabang lomba. Mata pelajaran Aqidah Akhlak menyumbang lima medali emas, mata pelajaran bahasa Arab menyumbang empat medali emas, mata pelajaran SKI menyumbang tiga medali emas, mata pelajaran Qur’an Hadits menyumbang empat medali emas dan Fiqih menyumbang satu medali emas.

Untuk medali perak terdapat lima medali yang berhasil diraih yakni, pada mata pelajaran bahasa Arab menyumbang satu medali, mata pelajaran SKI menyumbang tiga medali, mata pelajaran Aqidah Akhlak menyumbang satu perak dan mata pelajaran Fiqih menyumbang satu medali. Sedangkan perolehan medali perunggu diraih pada mata pelajaran Aqidah Akhlak yang menyumbang tiga medali, mata pelajaran Bahasa Arab menyumbang tiga medali, mata pelajaran SKI menyumbang satu medali dan mata pelajaran Fiqih menyumbang tiga medali.

Juara-juara yang dipersembahkan ini sebagian besar dari siswa MANPK yakni sejumlah 24 orang dan enam (6) orang dari kelas Reguler. Rinciannya berikut ini: mata pelajaran Aqidah Akhlak medali emas dipersembahkan oleh M. Naufal, Eliza Salsabila, M. Sheva Maulaya Zuhdi, Faridh Maulana Fachrezi dan Zaenul Mustakim. Medali perak diberikan oleh Satria Hadi Pratama. Medali perunggu dipersembahkan oleh ananda Nayla Aulia Adnan, Lalu Izzan Rifky Kusnadi dan M. Yasser.

Mata Pelajaran Bahasa Arab raihan medalinya adalah: M. Sheva Maulaya Zuhdi, M. Ramdhan Cahyadin, Rayyan Ahmad Zainardhi, Rizqy Ardi Pratama semuanya meraih medali emas, Saufi dan M. Yusuf Ilham meraih medali perak, Alfia Ramdhani dan Eliza Salsabila meraih perunggu. spesial untuk ananda Edi Setiawan meraih predikat Juara 3 Nasional pada mata pelajaran ini.

Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam menyumbang tujuh medali, yaitu: Supardi meraih medali emas bersama EM Bintang Ordiaraya, Fitrah Dinul Haq, Medali perak dipersembahkan oleh Lalu Syarif Maulana Ahsan, Sultan Amirul Muttaqin dan Ahmad Athiyan Mafaza Syfda dan Medali Perunggu dipersembahkan oleh Maulana Nadi Pratama.

Mata Pelajaran Qur’an Hadits mempersembahkan empat medali emas, yakni: Edi Setiawan, M. Sheva Maulaya Zuhdi dan Nayla Alfina Syahria. Sementara mata pelajaran Fiqih mempersembahkan satu emas, satu perak dan satu perunggu. Ketiga medali ini dipersembahkan oleh Nayla Aulia Adnan, M. Alfatih Islahul Akbar dan Alfia Ramdhani.

Semua perolehan medali ini tentu saja menambah deretan prestasi siswa MAN 2 Mataram di tingkat Nasional. Bapak Kepala Madrasah sangat mengapresiasi capaian yang diberikan oleh siswa-siswa hebat dan brilian ini. Terima kasih untuk prestasi luar biasa ini.

Inilah kado terindah haul MAN 2 Mataram yang ke-30, jumlahnya hampir sama dengan medali yang diterima. Terima kasih juga buat Pembina yang telah mendedikasikan seluruh tenaga dan waktu sehingga bisa memperoleh hasil yang cemerlang. Mudah-mudahan ke depannya prestasi-prestasi siswa MAN 2 Mataram semakin cemerlang bahkan levelnya harus internasional, tuturnya.

Salah seorang Pembina MANPK MAN 2 Mataram ustazah Istiqomah, S.Pd.I menuturkan jika anak didiknya sangat antusias mengikuti even ini. Karenanya, meski persiapan minim tetapi mereka sudah sangat maksimal mengikuti even ini. Menurutnya, ia dan beberapa Pembina di MANPK seperti ustaz Manan, S.Pd.I dan Ust Khoirun Nasihin, M.Pd.I senantiasa meluangkan waktu untuk membina para santri. Alhamdulilah, mereka selalu bersemangat dalam belajar dan mengikuti setiap lomba, ungkapnya

Selamat kepada para juara, tetaplah mengukir prestasi sampai puncak tertinggi. Jadilah inspirasi bagi generasi lainnya dalam menyongsong revolusi industri 5.0 nanti. BRAVO!!


Penulis: Siti Rahmi (Humas M2M)

  INFO TENTANG MAN 2 MATARAM JUGA BISA DILIHAT DI:

IG:  Humas MAN 2 Mataram

FB: Humas MAN 2 Mataram       

YT: Humas MAN 2 Mataram 

Website: man2mataram.net

Email: humasman2mataram@gmail.com


746

INFORMASI LAINNYA